RSS

Pages

Gw bukan feminis koq… (beneran deh.. gw juga bukan aktivis gander…)

Tadi gw lagi bosennn bangett… beneran bosen deh, terusnya gw ngeliat ada majalah kartini tergeletak di rak buku gw.. gak terlalu lama deh terbitan juli agustus 2008. dan belum gw baca sampe abis.. terusnya gw buka tuh majalah.. terusnya sampe lah gw dihalaman dengan judul “suami dominan dapat sebabkan keretakan rumah tangga”..

Weaks….
Sekali lagi gw bukan feminis ato pun aktipis gender yupz, karena gimanapun juga gw sangat mempercayai persamaan posisi yang udah diterangin sama al-quran.. dan itu menurut gw udah jaminan yang kuat kalo posisi cewek sama cowo itu gak ada bedanya..

Tapi, masalahnya di negeri kita yang masih tetep gw cintai ini meskipun udah kacau balau hehehe.. (eh, hampir diseluruh lapisan bumi deh pada umumnya dan Indonesia pada khususnya atau negara yang mengutamakan azaz patrilinial) gak ngerti gimana mengaplikasikan ajaran yang dikasi tau sama al-quran itu. Perempuan selalu ajah masi diposisiin sebagai second degree.. (nyebelin deh..)
Jujur nih yah.. gw sebagai perempuan emang lebih suka dipimpin sama cowo tapi bukan berarti gw setuju kalo kaum cowo itu mendomisi kehidupan gw..

Jadinya raa solidaritas gw tergugahlah waktu baca artikel ini.. gimana gara-gara dominasi suaminya seorang perempuan yang tadinya punya kehidupan yang layak, normal, ceria, bahagia.. jadi manusia yang depresi, gak percaya diri, murung, sampe gak bisa bersosialisasi dengan lingkungannya karena mentalnya rapuh... huff... seperti belum cukup dengan semua tekanan secara psikis.. eh, dominasi cowo yang berlebihan ini lama-lama bakalan juga kedaerah fisik.. waduuhh.. ini nih.. cikal bakal adanya KDRT...

Gw gak habis pikir deh, padahal tuh cowo2 sayang loh sama istri2nya tapi koq bisa yah??
Dan perlakuan ini gak dibatasin oleh pendidikan maupun tingkat ekonomi. Jadi cowo yang cerdas dan punya atitude yang bagus sekalipun ada kemungkinan bisa melakukan dominasi keistrinya. Parah yah.. kalo menurut artikel ini sih (gw sih setuju) budaya patriaki yang dianut sama masyarakat kita, dimana laki-laki lebih dominan selalu memposisikan perempuan berada di bawah superioritas kaum cowo. Perempuan masih diposisikan sebagai kelompok lemah. Semua ini menjadi pembenaran perempuan tidak perlu berperan diruang publik. Nah, penyebab semua ini karena gak adanya kesetaraan relasi antara pasangan. Solusinya (hehehehe...) kita perlu belajar setiap hari.. yah, namanya juga hidup.. hidup itu proses belajar.. masyarakat harus belajar mempunyai cara pandang baru, cowo juga perlu belajar tentang gimana sih seharusny jadi cowo yang baik. Begitiu juga cewe...

Tapi, gw jadi heran deh.. tadi sore gw sempet liat tipi..
Temanya “ayah yang ninggalin keluarga karena ada perempuan lain”
Haduuuhhh.. tema ini lagi.. kemarean sempet gw bahas..sekarang.. gw bahas lagi..
Gw jadi mikir lagi.. apa iya cowo itu gak bisa setia yah?? Kenapa cewe harus selalu jadi korban.. dan sebuah pernikahan yang rusak.. yang dirugiin pasti anak.. yang paling kedua pasti pihak perempuan..
Huwaaa.. ngatuk aahh..jadi panjang iaa...

0 komentar:

Awan, aku tidak mengerti diriku... Mengapa aku harus menipu mereka dengan senyumanku, kalo pada kenyataannya, kau pun tau aku terluka, mengapa awan?? Mengapa topeng ini menjadi miliku yang abadi, aku tidak pernah mengerti.. Tidak!?! Mengakui bahwa aku terluka akan terlihat menyedihkan, tapi aku merasakan itu, tapi mereka tidak perlu tau. Ini rahasiaku dan dirimu, ini rahasia kita. Awan, Aku ingin menghilang dari sini, dari kepenatan ini, dari segala kekecauan ini, dari semua yang tidak melegakan, dari semua yang menyakitkan, dari semuanya... Aku ingin pergi! pergi mencari puing-puing kebahagiaan yang terpental entah kemana, mengumpulkannya kembali atau mencari pengganti yang tidak ditemukan, hingga ia menjadi bentuk, menjadi ada, menjadi nyata, menjadi rasa... Awan, Bermain dengan pelangi membawaku berada digerbang ketidak pastian, dan ini kenikmatan yang dihasilkan hati yang terperi, dan sekarang aku lelah, awan, lelah dengan penipuan terhadap diriku yang tenang. Karena aku tetap seorang purti, yang tidak selamanya mampu berdiri dengan ketegaran, aku butuh udara untuk nafasku, aku butuh ruang untuk tubuh letihku, bersandar... Aku ingin itu, Awan, aku ingin terbang saja, terbang kearahmu. Berikan aku sayap itu, awan.. Biar aku bebas dan karena ini rahasia kita, maka simpanlah untukku simpanlah dalam kekokohan hatimu. Maka ini akan menjadi rahasiamu, rahasia awan (lebaran hari kedua, pagi banget...)
 
Copyright 2009 Another Side... All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes