RSS

Pages

bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya...

12 Januari 2008

beberapa hari ini, berita tentang Soeharto jadi headline dimana-mana, dari media elektronik sampe media cetak, dari berita beneran sampe berita infotainment, dari tukang becak sampe para pejabat.. semua orang ngebicarain mantan presiden indonesia yang kedua itu. Kesehatan bapak yang berumur kepala 8 itu semakin memburuk, belum lagi kasus-kasus yang lagi diproses karena banyaknya uang negara yang masuk keperusahaan keluarga.. duh, ribet deh kalo udah menyangkut hal-hal yang seperti ini...

kalo ngeliat dia, sebagai seorang kakek tua yang lagi sakit keras, rasanya kasian banget.. tapi kalo namanya udah disandangin dengan kata-kata ”mantan presiden”. Duh, beneran deh.. gw gak tau harus bersikap seperti apa.. gw pengen sih kasian, karena dia udah sakit, masih aja harus berurusan dengan hukum tapi kalo ngeliat apa yang udah dia lakuin gw mesti ngomong apa. Setiap perbuatan itu pasti bakalan ngebutuhin tanggung jawab. Tanggung jawab secara fisif maupun moral. Dan gw rasa apa yang dia terima saat ini sebagai akibat dari apa yang udah diperbuat.

Gimana yah, sebenernya riweuh kalo udah ngomongin soal politik dan sejarah Indonesia. Dulu, gw sempet bingung, kenapa guru SMA gw begitu antipati dengan Soekarno, padahal bukannya beliau seorang pahlawan, pahlawan proklamasi.. tapi kenapa ada yang gak suka sama seorang pahlawan. Bukankah suatu negara bakalan menjadi negara yang besar kalo dia bisa menghargai pahlawannya. Ketika gw kuliah, pro dan kontra tentang kebanggaan terhadap seorang Soekarno semakin ngebuat gw bingung. Akhirnya, gw juga semakin bingung dengan sejarah Indonesia yang bener itu yang mana. Dalam suatu obrolan, gw nanya:

“sebenernya yang bener itu siapa sih? Bukannya Soekarno itu udah berbuat banyak untuk Indonesia?”

kakak tingkat yang denger pertanyaan gw senyum, terus dia jawab,

“semua itu bener, Vie.. karena batasan seorang pahlawan dengan penjahat itu tipis banget.. seseorang itu dianggap pahlawan, kalo dia bisa melakukan sesuatu yang tepat diwaktu yang tepat, dan berhasil.. begitu juga sebaliknya..”

saat itu gw diem.. gw coba untuk nginget beberapa kejadian yang hampir mirip seperti itu, akhrinya gw mengamini dalam hati gw..

“dan sejarah itu tergantung dengan siapa yang berkuasa pada saat itu, siapa yang punya kuasa dia yang akan memiliki sejarah” kata kakak tingkat gw..

selesai kakak tingkat gw ngomong, gw tambah bingung, “ jadi sejarah yang bener yang mana?”

“ya lo cari tau sendiri aja”

terus gw diem, gw mikir.. kalo sejarah itu tergantung siapa yang berkuasa, berarti ada kemungkinan sejarah Indonesia itu kacau balau. Sejak saat itulah gw jadi gak percaya dengan pelajaran sejarah yang udah gw terima selama 9 tahun di Sekolah. Gw memutuskan untuk gak pro kemana-mana. Gw jadi inget dengan kata mutiara yang pernah gw baca, “kebenaran itu harus diliat dari dua sisi cermin yang berbeda” jadi kalo kita Cuma ngeliat dari satu sudut pandang, kita gak akan pernah tau gimana sejarah kita yang sebenernya...

berkaitan dengan kasus Soeharto, gw punya sikap sendiri. Mungkin emang Soeharto punya kesalahan tapi bukan berarti kita harus menutup mata dengan semua tindakan yang sudah dia lakukan untuk Indonesia. Bagaimanapun juga waktu 32 tahun itu bukan waktu yang singkat untuk ngebangun suatu negara (dan suatu doktrinisasi) Pastinya disamping kesalahan-kesalahan yang dia lakuin, dia juga punya jasa yang gak dikit untuk kita hormatin sebagai seorang pahlawan.

Dan menurut gw, kita harus tetep berterimakasih sama beliau tapi bukan berarti kita membebaskan dia dari kesalahannya. Kemaren gw sempet ngeliat acara tv yang ngebahas gimana sikap pemerintah orde baru terhadap mantan presiden Soekarno yang juga sebagai tahanan rumah ketika dia sakit. Kalo di bandingin dengan Soeharto, gw gak akan percaya kalo yang diperlakukan seperti itu adalah seorang Pahlawan Proklamasi, orang yang memerdekakan Indonesia.

Miris rasa ketika gw ngeliat semua sejarah Indonesia. Miris sekali rasa ketika gw ngeliat tayangan itu, dan miris sekali rasanya ketika gw inget sikap antipati guru gw terhadap Soekarno. Eemmm.. apa yah?? Semua itu semakin ngebuat gw yakin kalo kita ini, emang bukan bangsa yang besar. Karena jujur aja, kita gak pernah bisa menghargai pahlawan kita. Coba deh liat lebih luas lagi, berapa banyak sih, veteran yang gak punya rumah? Yang gak bisa hidup layak? Berapa banyak guru yang hidup sangat-sangat-sangat sederhana? Berapa banyak mantan atlet yang akhirnya Cuma berakhir tragis?? Semua itu pahlawan buat Indonesia.. semua itu pahlawan Indonesia. Pahlawan yang terabaikan...

dan sekali lagi, gw Cuma mau ngingetin.. sebanyak apapun kesalahan Soeharto (pastikan dia tetep harus mempertangungjawabkan ini), beliau tetap pahlawan Indonesia, jangan sampe kita mengulang kejadian yang serupa, ketika memperlaku Soekarno (yang juga seorang pahlawan) dengan gak manusiawi. Kita harus belajar. Belajar menghargai jasa orang lain, belajar memperlakukan manusia dengan sewajarnya..

Soekarno dan Soeharto adalah sedikit dari pahlawan Indonesia. Pahlawan dari sekian banyak pahlawan yang udah berjasa untuk negeri ini. Maka, hargailah mereka!!!

Karena, bangsa yang besar adalah bangsa yang mengahargai pahlawannya!!!

0 komentar:

Awan, aku tidak mengerti diriku... Mengapa aku harus menipu mereka dengan senyumanku, kalo pada kenyataannya, kau pun tau aku terluka, mengapa awan?? Mengapa topeng ini menjadi miliku yang abadi, aku tidak pernah mengerti.. Tidak!?! Mengakui bahwa aku terluka akan terlihat menyedihkan, tapi aku merasakan itu, tapi mereka tidak perlu tau. Ini rahasiaku dan dirimu, ini rahasia kita. Awan, Aku ingin menghilang dari sini, dari kepenatan ini, dari segala kekecauan ini, dari semua yang tidak melegakan, dari semua yang menyakitkan, dari semuanya... Aku ingin pergi! pergi mencari puing-puing kebahagiaan yang terpental entah kemana, mengumpulkannya kembali atau mencari pengganti yang tidak ditemukan, hingga ia menjadi bentuk, menjadi ada, menjadi nyata, menjadi rasa... Awan, Bermain dengan pelangi membawaku berada digerbang ketidak pastian, dan ini kenikmatan yang dihasilkan hati yang terperi, dan sekarang aku lelah, awan, lelah dengan penipuan terhadap diriku yang tenang. Karena aku tetap seorang purti, yang tidak selamanya mampu berdiri dengan ketegaran, aku butuh udara untuk nafasku, aku butuh ruang untuk tubuh letihku, bersandar... Aku ingin itu, Awan, aku ingin terbang saja, terbang kearahmu. Berikan aku sayap itu, awan.. Biar aku bebas dan karena ini rahasia kita, maka simpanlah untukku simpanlah dalam kekokohan hatimu. Maka ini akan menjadi rahasiamu, rahasia awan (lebaran hari kedua, pagi banget...)
 
Copyright 2009 Another Side... All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes