RSS

Pages

dari pada nonton sinetron lebih baik nonton sailormooon deehhh


24 desember 2007

kenapa sinetron itu disebut sebagai replika dari kenyataan yang ada??? Gw gak setuju tuh... Mungkin emang bener dia replika dari sebuah kenyataan.. tapi Cuma bagian kecil dan sedikit dari kenyataan yang terjadi.. bahkan yang gw liat sinetron itu yang justru membuat episodenya menjadi contoh kenyataan yang harus dijalanin.. jauh sebelum gw masuk komunikasi, jauh sebelum gw tauk kalo ada teori agenda setting, jauh sebelum gw tauk kalo dampak televisi sebagai media massa itu begitu besarnya..
Gw udah sangat yakin dengan settingan yang dibuat ini..Dan kenapa sinetron indonesia itu selalu jadi follower... baik follower dalam negri apalagi yang luar negri..Coba deh perhatiin, kalo ada aja salah satu jenis sinetron yang booming disalah satu televisi.. gak usah nunggu waktu yang lama ntar bisa dipastikan diseluruh televisi yang ada diIndonesia yang gak punya pendirian pasti pada ikutan nayangin jenis sinetron tersebut. Muntah muntah deh, masyarakat dikasih tontonan yang sejenis dan seragam.. Dan disitulah fungsi agenda setting ada.. mau-gak mau suka-gak suka, ya mereka harus nonton itu kalo mau liat tayangan sinetron..
terus, kemaren-kemaren.. sempet itu ada sinetron yang dibuat dengan tanpa malu-malu ngejeplak tayangan drama korea.. semua dijeplak abis.. padahal kalo mau jujur settingan budayanya aja udah beda tapi masih aja dipakasain.. Jujur nih yah.. sebagai orang yang suka banget sama drama korea, gw bisa ngejelesin kenapa drama-drama korea itu enak untuk ditonton dibandingin sama sinetron indonesia yang ngebosenin meskipun ceritanya kadang sangat-sangat khayalan juga. Jawabannya, karena penulis ceritanya kreatif ‘n ceritanya punya karakter budaya yang kuat. Apa yang mereka buat, apa yang mereka ceritain itu gak lepas dari budaya keseharian mereka, dan itu menarik.. penempatan karakter untuk tokohnya juga pas. Sesuai gitu.. keadaannya memang menggambarkan budaya keseharian mereka. Gak kaya sinetron indonesia. Kadang kalo tokohnya baik.. baaaikkk banget, sampe mau dibunuh juga masih bisa senyum sangking baiknya.. tapi kalo udah jahat,, nauzubillah deh.. kaya gak inget kalo dia manusia juga.. intinya apanya.. terlalu gak natural aja.. gw ngerasa, para pembuat sinetron itu gak ngedidik penontonnya untuk berpikir kritis.. satu lagi yang sering jadi kebiasaan sinetron itu Indonesia, kalo misalnya ada sinetron yang bagus-ada koq sinetron Indonesia yang bagus- dan itu naikin rating acara mereka.. udah itu, nasib sinetron bagus itu akan panjang daripada seharusnya.. dan ujung-ujungnya membosankan dan berakhir dengan menyebalkan.. uugghh... banyak banget contohnya sinetron bagus yang berakhir tragis.. kenapa sih, penonton indonesia itu dibego-in, dipaksa untuk makan sesuatu yang gak bermutu.. kenapa sih kita gak nyoba ngebangun bangsa kita dengan sinetron yang lebih masuk akal dan manusiawi... kondisi follower yang menyebalkan ini juga kalo menurut gw gak jauh beda dengan tema-tema film indonesia sekarang.. dan setelah gw pikir-pikir mungkin emang mental orang indonesia itu yah emang seperti ini, jadi jangan salahin kalo masyarakat kita semakin bodoh, semakin gak tau identitas kita, semakin bangga dengan ngikutin budaya lain, dan itu juga sih yang mungkin nyebabpin negara lain bisa dengan mudah dan beraninya ngambil hasil budaya yang emang udah ada dari jaman antah berantah. Sedih, malu, kasian, marah dan gak peduli juga akhirnya.. itu yang gw rasain.. gw sedih, karena gw orang indonesia
gw malu, karena ternyata gw bagian dari orang yang punya mental follower
gw kasian, karena gw ngerasa lama-lama negara ini bakalan abis
gw marah. Karena gimana pun juga guru PPKN gw udah nanamin rasa cinta tanah air dalam hati gw
tapi, gw gak peduli.. toh, untuk belajar aja pemerintah gak bisa ngasih fasilitas yang baik untuk masyarakatnya..
sepertinya mereka takut kalo rakyatnya pinter..
ugghh.. ujung-ujungnya kepolitik nih tulisan gw.. hehehe... tapi, udah disini gw gak berniat nyalahin siapa-siapa koq.. Cuma kalo gw rasa, kalo kita mau berubah, kita harus bangkit sama-sama. Oohh.. klise kali yah, ngomong begini.. tapi gw yakin koq.. kalo kita semua punya cara masing-masing untuk ngebanggain negara kita ini karena gimanapun juga seenggaknya selama 9 tahun kita udah dididik untuk menumbuhkan rasa cintah tanah air kita, lewat pelajaran PPKN yang ngebosenin, dari Upacara Bendera setiap senen yang lebih banyak kaburnya.. hehehe.. dan apapun itu kita memang terlahir di negara ini. Seperti iklan tolak angin terbaru yang judulnya Trully Indonesia.. sedikit telat sih tapi itu lebih baik dari pada gak ada gerakan sama sekali.. seenggaknya kita punya perlawaan yang nyata. Hufff... padahal tadi gw gak bermaksud ngebahas sepanjang ini loh..
Gw Cuma lagi bosen aja dirumah tapi giliran ngidupin tipi gak ada yang bisa gw tonton.. gak ada yang bisa dibaca, gak da film juga.. mati gaya deh gw disini sendirian..
Dari tadi gw sms mulu bosen juga apalagi ngomongnya asal nyambung aja..
Ya udahlah.

btw dah pada baca KAtya stroy lum?


0 komentar:

Awan, aku tidak mengerti diriku... Mengapa aku harus menipu mereka dengan senyumanku, kalo pada kenyataannya, kau pun tau aku terluka, mengapa awan?? Mengapa topeng ini menjadi miliku yang abadi, aku tidak pernah mengerti.. Tidak!?! Mengakui bahwa aku terluka akan terlihat menyedihkan, tapi aku merasakan itu, tapi mereka tidak perlu tau. Ini rahasiaku dan dirimu, ini rahasia kita. Awan, Aku ingin menghilang dari sini, dari kepenatan ini, dari segala kekecauan ini, dari semua yang tidak melegakan, dari semua yang menyakitkan, dari semuanya... Aku ingin pergi! pergi mencari puing-puing kebahagiaan yang terpental entah kemana, mengumpulkannya kembali atau mencari pengganti yang tidak ditemukan, hingga ia menjadi bentuk, menjadi ada, menjadi nyata, menjadi rasa... Awan, Bermain dengan pelangi membawaku berada digerbang ketidak pastian, dan ini kenikmatan yang dihasilkan hati yang terperi, dan sekarang aku lelah, awan, lelah dengan penipuan terhadap diriku yang tenang. Karena aku tetap seorang purti, yang tidak selamanya mampu berdiri dengan ketegaran, aku butuh udara untuk nafasku, aku butuh ruang untuk tubuh letihku, bersandar... Aku ingin itu, Awan, aku ingin terbang saja, terbang kearahmu. Berikan aku sayap itu, awan.. Biar aku bebas dan karena ini rahasia kita, maka simpanlah untukku simpanlah dalam kekokohan hatimu. Maka ini akan menjadi rahasiamu, rahasia awan (lebaran hari kedua, pagi banget...)
 
Copyright 2009 Another Side... All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes