RSS

Pages

Negatif versus Positif

5 Juni ‘08

Sekarang bahasan apa sih yang lagi heboh di masyarakat?? Gw koq ngerasa gak up to date banget yah.. selain kekerasan yang dilakuin FPI or kenaikan BBM yang ngebuat gw lebih milih naek motor dari pada naek oplet (hehehe..) atau kegiatan yang lagi trend dikalangan DPR, ngebuat video waktu lagi maen diluar rumah??? Kayannya, gak ada yang bagus-bagus banget yah yang bisa diomongin yah?? Kolo ngomongin gimana rusaknya or seberapa parahnya kerusakan bangsa kita disegala bidang, males.. udah banyak yang ngomong en gw rasa lebih lantang dari pada tulisan gw yang kadang gak penting ini. Semua orang berlomba-lomba ngebuka en nyari kesalahan dari orang-orang yang mimpin negara yang besar ini. Gak salah sih.. bagus koq sebagai bentuk respon en pengendalian sikap mereka (pemimpin yang diatas itu) untuk lebih bisa bersikap bijaksana. Tapi seharusnya ada juga dong yang ngomongin prestasi or hal-hal yang positif en baik yang dilakukan sebagian kecil dari mereka. Contohnya ajah, (en emang harus dijadiin contoh nih) dua kabupaten (kalo gak salah sih kabupaten) yang ada diBali en Kalimantan Barat. Gw salut tuh sama dua bupati hebat itu. Di Bali, tepatnya, di Kabupaten Jembaran dan Kabupaten Muara Baru, KalBar (kalo gak salah namanya, sorry gw lupa.. ) semua terlihat seperti bukan di Indonesia tapi itu nyata ada di Indonesia. Dua Kabupatan itu seperti Kota mandiri, yang bener-bener mandiri en ngebangun masyarakatnya jadi mandiri en cerdas juga. Semua potensi SDA En SDM yang ada disana dibangun secara seimbang untuk ngebangun daerahnya sendiri. (duh, gw selalu kagum dengan orang yang punya jiwa kenegaraan seperti ini). Gw sendiri setuju sekaligus heran. Kenapa gw setuju, karena itu salah satu bentuk dari gunanya pemerintah ngubah sistem sentralisasi jadi desentralisasi. Biar, masyarakat dari masing-masing daerah bisa maju en memajukan daerahnya, yang sekaligus ngebangun negara kita yang besarnya gak ketulungan ini. Tapi gw heran juga... kenapa gw heran?? Karena sepenglihatan gw.. kenapa baru dua.. kenapa dari beberapa ratus kabupaten, or berpuluh-puluh provinsi baru dua kabupaten itu yang bisa punya bupati yang berpikir cerdas en gak egois..

Sebagai salah satu contoh ajah, provinsi tempat gw tinggal, Lampung. Lampung itu sebenernya kaya, sumber daya alamnya banyak en sangat-sangat melimpah Cuma gak tau hasil limpahanya kemana.. kalo dari sumber daya manusianya ajah Lampung memang kalah, tapi kalo seandainya dari hasil pengelolaan SDA yang baik seharusnya Lampung Bisa menghasilkan juga SDM yang lebih baik, kalo pemerintahnya bisa ngaturnya sih.. gak seperti secara, dari informasi yang pernah gw baca, Lampung merupakan propinsi no.2 termiskin di Sumatra setelah Aceh?? What?? Tragis banget gak sih?? Dan merupakan Propinsi no.1 terkorup.. yah.. kalo gitu sih gak heran.. ?? Yaudah gw gak mau ngejugde sapa-sapa. Gw Cuma mau ngebandingin ajah kalo Bali en KalBar bisa punya bupati en Kabupaten yang bagus, gak menutup kemungkinankan kalo Lampung bisa jadi Propinsi yang mandiri jugakan?.. yang bisa ngebangun masyarakatnya jadi mandiri dan cerdas, yang bisa ngebagun dirinya sendiri.

Sebenernya, setiap kali ngebahas soal seperti ini, (politik, ekonomi, pendidikan en sosial masyarakat kita) gw selalu skeptis en bingung harus dibahas dari mana dulu. Semuanya parah, semuanya saling ngedukung untuk terlihat en terasa makin parah. Tapi gw rasa, sistem politik Indonesia yang pertama harus dibenerin. (gw lupa, sistem gak pernah salah, tapi orang yang bermain dalam sistem itu yang salah), kalo gitu kata-katanya gw ubah, yang perlu di benerin pertama kali itu politik orang-orang Indonesia. Kalo kalo dari politik, itu kita udah baik maka hasil dari politik itu akan menghasilkan pemimpin yang abik yang akhirnya, mudah-mudahan, secara perlahan bisa ngubah en memperbaiki bidang-bidang yang lain.

Aduuuhh........ kenapa ngomong jadi kejauhan gini yah??

Padahal tadi, gw Cuma pengen ungkapin kekaguman gw ajah sama dua bupati itu.

Oiya, pada tau gak sih “tragedi lagi Gabby?” ada yang tau cerita aslinya??

0 komentar:

Awan, aku tidak mengerti diriku... Mengapa aku harus menipu mereka dengan senyumanku, kalo pada kenyataannya, kau pun tau aku terluka, mengapa awan?? Mengapa topeng ini menjadi miliku yang abadi, aku tidak pernah mengerti.. Tidak!?! Mengakui bahwa aku terluka akan terlihat menyedihkan, tapi aku merasakan itu, tapi mereka tidak perlu tau. Ini rahasiaku dan dirimu, ini rahasia kita. Awan, Aku ingin menghilang dari sini, dari kepenatan ini, dari segala kekecauan ini, dari semua yang tidak melegakan, dari semua yang menyakitkan, dari semuanya... Aku ingin pergi! pergi mencari puing-puing kebahagiaan yang terpental entah kemana, mengumpulkannya kembali atau mencari pengganti yang tidak ditemukan, hingga ia menjadi bentuk, menjadi ada, menjadi nyata, menjadi rasa... Awan, Bermain dengan pelangi membawaku berada digerbang ketidak pastian, dan ini kenikmatan yang dihasilkan hati yang terperi, dan sekarang aku lelah, awan, lelah dengan penipuan terhadap diriku yang tenang. Karena aku tetap seorang purti, yang tidak selamanya mampu berdiri dengan ketegaran, aku butuh udara untuk nafasku, aku butuh ruang untuk tubuh letihku, bersandar... Aku ingin itu, Awan, aku ingin terbang saja, terbang kearahmu. Berikan aku sayap itu, awan.. Biar aku bebas dan karena ini rahasia kita, maka simpanlah untukku simpanlah dalam kekokohan hatimu. Maka ini akan menjadi rahasiamu, rahasia awan (lebaran hari kedua, pagi banget...)
 
Copyright 2009 Another Side... All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes